Fungsi Serta Kedudukan Bahasa indonesia

Posted: 11 Oktober 2010 in Tugas, Tulisan

Fungsi dan kedudukan Bahasa Indonesia

 

Bahasa adalah suatu sistem dari lambang bunyi arbitrer yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan dipakai oleh masyarakat. Bahasa lisan merupakan bahasa primer, sedangkan bahasa tulisan adalah bahasa sekunder.

1.     Macam-Macam dan Jenis-Jenis Ragam / Keragaman Bahasa :
Ragam bahasa pada bidang tertentu seperti bahasa istilah hukum, bahasa sains, bahasa jurnalistik, dsb.

2.     Ragam bahasa pada perorangan atau idiolek seperti gaya bahasa mantan presiden Soeharto, gaya bahasa benyamin s, dan lain sebagainya.

3.     Ragam bahasa pada kelompok anggota masyarakat suatu wilayah atau dialek seperti dialek bahasa madura, dialek bahasa medan, dialek bahasa sunda, dialek bahasa bali, dialek bahasa jawa, dan lain sebagainya.
Bahasa dibentuk oleh kaidah aturan serta pola yang tidak boleh dilanggar agar tidak menyebabkan gangguan pada komunikasi yang terjadi. Kaidah, aturan dan pola-pola yang dibentuk mencakup tata bunyi, tata bentuk dan tata kalimat. Agar komunikasi yang dilakukan berjalan lancar dengan baik, penerima dan pengirim bahasa harus harus menguasai bahasanya.

Fungsi Bahasa Dalam Masyarakat :
1. Alat untuk berkomunikasi dengan sesama manusia.
2. Alat untuk bekerja sama dengan sesama manusia.
3. Alat untuk mengidentifikasi diri.

 

 

Bahasa isyarat atau gesture atau bahasa tubuh adalah salah satu cara bekomunikasi melalui gerakan-gerakan tubuh. Bahasa isyarat akan lebih digunakan permanen oleh penyandang cacat bisu tuli karena mereka memiliki bahasa sendiri.

 

Kedudukan  bahasa Indonesia  sebagai bahasa nasional :

  1. Lambang identitas nasional,

Sebagai lambang identitas nasional bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting, karena bangsa Indonesia harus diakui bahasanya oleh Negara lain sebagi bahasa internasional yang menjadi identitas Negara Indonesia .

 

  1. Lambang kebanggaan nasional

Sebagai bentuk kebanggaan kita terhadap bahasa Indonesia, kita harus menggunakannya tanpa ada rasa malu, dan tidak peduli . Rasa kebanggan kita dapat ditunjukkan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalm kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

3.     Pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda latar belakang sosial budaya bahasa, dan bahasa

Seperti yang sudah diketahui Indonesia memiliki banyak ragam bahasa. Banyak sekali suku dan ragam budaya Indonesia. Dengan adanya bahasa Indonesia sebagai alat penghubung antar suku dan budaya Indonesia yang beragam, masyarakat Indonesia akan lebih nasionalis dan lebih menghargai bahasa Indonesia.

4.     Alat perhubungan antarbudaya dan antardaerah

Bahasa Indonesia menjadi bahasa penghubung antar bahasa daerah Indonesia yang sangat beragam. Oleh karena itu lah  dengan adanya bahasa Indonesia semua penduduk Indonesia dapat berkomunikasi satu sama lain walaupun berbeda daerah dengan menggunakan bahasa indonesia.

 

Oleh karena itu kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga serta melestarikan bahasa Indonesia dan menggunakannya secara baik dan benar. Agar bangsa ini dihargai oleh bangsa lain dan agar bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s